Pola Makan Vegetarian dan Jenis-jenisnya

    Ilustrasi Diet Vegetarian. Photo by rawpixel.com from Pexels

    Saat ini, kata vegetarian sudah menjadi hal yang lumrah. Ada yang tidak mengonsumsi produk daging sama sekali, tetapi masih mengonsumsi produk susu atau telur. Ada pula yang tidak mengonsumsi daging, terkecuali daging ikan. Pertanyaan yang muncul kemudian yaitu, apakah pola makan yang demikian masih disebut vegetarian? Simak ulasan berikut untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Dikutip dari hellosehat.com, vegetarian adalah orang yang menerapkan pola makan dengan hanya mengonsumsi makanan dari tumbuh-tumbuhan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia V (KBBI V), vegetarian memiliki arti orang yang (karena alasan keagamaan atau kesehatan) tidak makan daging, tetapi makan sayuran dan hasil tumbuhan. Mengacu pada pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa vegetarian merupakan subjek atau orang yang menjalani praktik pola makan makanan yang berasal dari tumbuhan atau sayuran.

Berdasarkan situs scrubbing.in, vegetarian masih dapat dibagi menjadi beberapa tipe, yaitu:
1. Lacto-ovo vegetarian
Pola makan ini tidak memasukan daging, seafood, dan produk olahan daging lainnya kedalam diet, namun memperbolehkan orang yang menerapkannya untuk mengonsumsi telur dan produk olahan susu.
2. Lacto-vegetarian
Pola makan ini menerapkan diet yang sama seperti Lacto-ovo vegetarian yaitu tidak mengonsumsi daging, seafood, produk olahan daging termasuk telur. Produk olahan susu masih diperbolehkan untuk dikonsumsi.
3. Vegan
Vegan adalah pola makan tanpa daging, seafood, produk olahan daging dan susu, serta telur.

Sedangkan, pola makan yang masih menerapkan diet utama tumbuhan dengan tidak menggunakan istilah veg, diantaranya:
1. Pescetarian
Pescetarian atau bisa juga disebut Pesco-vegetarians adalah diet yang tidak mengonsumsi daging terkecuali daging ikan. Ikan tersebut dapat berupa ikan air tawar maupun air asin. Menurut todaysdietitian.com, pescetarian bagi beberapa orang dapat menjadi “batu pijakan” untuk menjadi vegan sesungguhnya.
2. Beegan
Diet yang sama seperti vegan, dengan perbedaan boleh mengonsumsi madu.
3. Flexitarian
Laman greenvillevegan.com menyebutkan, Flexitarian biasa disebut sebagai semi-vegetarian. Dari nama tersebut memiliki arti bahwa orang yang menerapkan diet ini, dapat mengonsumsi daging sesekali ataupun memasukan sedikit daging dalam pola makannya.

Vegetarian memiliki berbagai tipe dengan pola makan dominan berasal dari sayuran. Penerapan pola makan dengan porsi utama sayuran ini bergantung dengan ketentuan dan pantangan yang berbeda-beda untuk setiap orang. Apakah anda salah satu yang menerapkan tipe diet utama sayuran di atas? (rah/khlorofil)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *