Tak Ada Plonco, Orientasi Hanya Pembentukan Mental

Student Day Universitas Udayana

khlorofil.com – Memasuki tahun ajaran baru, Universitas Udayana kembali akan menggelar masa orientasi mahasiswa baru. Persiapan kegiatan yang dikenal dengan sebutan “Student Day” tersebut telah mencapai 75 persen. Hal itu diungkapkan oleh Ketua Panitia Student Day Bima Kumara Atmaja, menurutnya acara yang digelar pada tanggal 6-7 September nanti masih memasuki proses verifikasi data. “Peserta masih diaudit, prediksi 3.650 orang mahasiswa baru” ungkapnya ketika ditemui Rabu (21/8).

Lebih lanjut Bima mengaku kendala terbesar adalah daya tampung auditorium yang tidak sesuai dengan jumlah mahasiswa yang diterima tahun ini. ”Kendala terbesar di audit, karena kami rasa kuota yang diterima tahun ini melebihi kuota auditorium widyasabha. Itu kan akan mempengaruhi jumlah kontribusi peserta” tambahnya

Ketika ditanya mengenai budaya masa orientasi yang identik dengan ploncoan, Bima mengaku di Student Day Universitas sendiri tidak akan ada ploncoan, seperti jalan jongkok dan lainnya. Justru Bima yakin tahun ini dipenuhi dengan kegiatan intelektual. “80 persen kegiatan intelektual seperti stadium class dan stadium general. Sisanya kegiatan sosial dan bimbingan mental seperti mungut sampah” jelasnya.

Panitia sendiri hanya akan mengajarkan mahasiswa baru untuk berpenampilan rapi, tidak tindik, tidak compang-camping. Hal tersebut merupakan bimbingan mental agar ketertibannya terjaga.

Hal senada diungkapkan oleh Ketua BEM PM Udayana Dewa Gede Wiryangga Selangga, pihaknya menyatakan saat ini sudah bukan lagi mendidik dengan cara ploncoan. “Tidaklah, Saya tidak mau ada ploncoan seperti tali sepatu merah putih. Tapi untuk bentak-bentak mungkin tidak akan keras. Saya lahir dan kuat juga dari bentak-bentak kok. Memang mau membuat mental mahasiswa Udayana seperti mental tempe? ” imbuhnya. (SD/ind)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *