Clickbait Tren Situs Masakini

    Sumber gambar : https://digitalentrepreneur.id/rumus-judul-click-bait/

Clickbait adalah bahasa tren yang berarti umpan klik. Istilah tersebut digunakan bagi para penulis dan pembuat suatu judul situs atau konten web dengan tujuan memperoleh pembaca atau pengunjung situs tanpa mempertimbangkan konten dan kesinkronan antara judul dan isi dari situs yang disajikan. Biasanya judul clickbait yang diberikan menyajikan judul yang menarik dengan gaya bahasa hiperbola yang mengundang provokasi dan memancing perdebatan.

‘Hampir seluruh pembaca di dunia maya pernah memiliki pengalaman clickbait yang berujung kecewa. Hal ini lantaran ketidakpuasan mereka dengan isi bacaan yang tidak sesuai judul maupun cuplikan gambar (thumbnail). Judul dan thumbnail tersebut biasanya dibuat heboh untuk menarik minat pembaca.

Selain merugikan pembaca, clickbait ternyata juga dapat mendatangkan efek buruk, misalnya saja penyebaran hoax. Seringkali berita hoax menggunakan judul yang tidak masuk akal, berlebihan dan memancing argument seperti clickbait ini. Seperti yang diketahui, minat baca orang Indonesia masih rendah. Adanya clickbait dapat menimbulkan berita hoax yang semakin meluas karena bisa saja para pembaca hanya menyampaikan berita yang dilihatnya hanya dari judul yang ditampilkan. Judul yang biasa disajikan dengan trik clickbait misalnya seperti ini,

“VIRAL! BOCAH 5 TAHUN HILANG DI LAUT DAN DITEMUKAN DENGAN KONDISI SEPERTI INI, KLIK UNTUK MELIHATNYA”.

Judul yang biasa disebut clickbait adalah judul yang terlihat begitu mencolok dan berlebihan seperti contoh diatas. Penggunaan bahasa juga kurang baku dan memiliki unsur ‘memaksa’ dengan menekankan pada judul yang ditulis.
Clickbait dapat menjadi boomerang bagi penulis dan media online yang menyajikan konten dikarenakan pembaca yang ‘gerah’ dengan bacaan yang dimuat. Dalam jangka panjang, menimbulkan efek jera dan hilangnya kepercayaan dari pembaca terhadap media tersebut. Pembaca tentu memilih beralih ke situs yang memiliki keakuratan dan akredibilitas yang baik.

Alangkah baiknya jika tren judul dengan pemakain trik Clickbait dihilangkan dan tidak lagi digunakan. Judul yang baik ialah yang merupakan inti dan kepala dari isi suatu tulisan ataupun sebuah konten. Penting bagi penulis untuk memperhatikan hal ini dalam penjudulan sehingga tidak menimbulkan rugi bagi pembaca dan ikut meminimalisir angka berita hoax di negeri ini. Selain itu pembaca harus lebih paham dalam pemilihan berita dan konten. Jadilah pembaca yang pintar dalam membagikan sebuah berita dan konten.(Cl/khlorofil)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *