BERBISNIS DI USIA MUDA, KENAPA TIDAK?

    Ilustrasi berbisnis. Sumber gambar : Theworldnews.com

    Sukses berbisnis diusia muda pada masa sekarang sudah menjadi hal yang mungkin saja bisa terjadi. Asalkan ada kemauan dari dalam diri serta usaha yang kuat. Jika diusia muda sudah mulai merintis usaha, maka bukan tidak mungkin 3 atau 4 tahun kemudian akan sukses bahkan mungkin saja kurang dari itu. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kesuksesan seseorang, hanya masalah waktu untuk ‘memulai’ saja, selagi masih muda kenapa tidak dicoba?

Menjadi pebisnis diusia yang masih muda tentu berbeda dengan menjadi pekerja. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari pekerja yang akan mendapatkan pendapatan berdasarkan ketentuan perusahaan sedangkan berbeda dengan pebisnis, besaran pendapatan yang diperoleh didasarkan atas seberapa besar kemampuan pebisnis dalam melihat peluang dan pasar. Hal yang membedakan tersebut adalah pebisnis mempunyai pendapatan tanpa ada limit. Sebesar apapun pendapatan maka bisa didapatkan tergantung dengan usaha yang dilakukan.

Dalam menjalankan bisnis banyak cara yang dilakukan agar dapat bersaing dengan pebisnis lain. Mulai menjalankan bisnis sejak usia muda justru memiliki peluang yang lebih besar untuk meraih kesuksesan. Beberapa cara yang dapat dijalankan dalam berbisnis diusia muda yaitu:

1. Menetapkan Tujuan Awal Bisnis
Poin ini agar kita tetap berada di jalan yang tepat untuk mencapai tujuan tersebut. Tujuan bisnis berkaitan erat dengan pasar yang akan dituju. Artinya, ketika memutuskan menekuni bidang bisnis tertentu, seorang pebisnis perlu mengetahui pasar mana yang sesuai dengan bidang bisnis tersebut. Sehingga dapat dijadikan sebagai peluang bisnis yang akan dijalankan.
2. Memperluas Pertemanan/Jaringan Kerja
Harus mau belajar dengan orang-orang yang ada di lingkungan sekitarnya. Kemampuan membuka diri sekaligus akan memberi kesempatan untuk memperluas jaringan. Perbanyak teman, jadikan mereka mentor untuk memperoleh ilmu dari mereka.
3. Jangan Takut Untuk Mencoba
Sebagai pemula dalam berbisnis jangan takut untuk mencoba dan jangan takut untuk rugi. Apabila tidak pernah mencoba maka kita tidak akan pernah mengetahui hasilnya. Dari kegagalan kita banyak belajar sehingga menjadi pelajaran dikemudian hari agar tidak mengalami kegagalan kembali.
4. Yakin Terhadap Kemampuan Diri
Dengan berpikir positif maka akan menumbuhkan keyakinan dalam diri untuk meraih kesuksesan. Yakin terhadap produk atau jasa yang dijalankan dapat diterima oleh masyarakat.
5. Mulailah Sekarang!
Apabila modal menjadi kendala yang utama dalam memulai bisnis, maka mulailah dalam skala kecil terlebih dahulu. Jika modal sudah terkumpul bulatkan tekad dan tingkatkan usaha untuk merintis bisnis walaupun usia masih muda sehingga nantinya akan memiliki banyak pengalaman. Nikmati proses maka nanti usaha yang dirintis akan ‘berbuah manis’. (ad/khlorofil)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *