Jeruk Kingkit, Tanaman Unik Multifungsi

    Jeruk Kingkit (Dok. Pribadi)
    Jeruk kingkit (Triphasia trifolia) atau Limeberry adalah jenis tanaman yang termasuk dalam suku jeruk-jerukan (Rutaceae). Tanaman jeruk ini memiliki nama berbeda-beda di setiap daerah. Keunikan jeruk ini dapat terlihat dari warna buahnya. Jeruk kingkit memiliki banyak kegunaan, selain dapat dinikmati keindahannya, ia dapat berguna sebagai apotik hidup yaitu obat herbal segar.

Jeruk kingkit diperkirakan berasal dari Melanesia namun tersebar hingga ke pulau-pulau di Samudera Pasifik termasuk kepulauan Nusantara. Nama jeruk kingkit sendiri adalah sebutan dalam bahasa Jawa. Daerah Makassar menyebut tanaman ini dengan nama lemo-lemo, sedangkan di Madura disebut jeruk rante.

Tanaman jeruk kingkit merupakan salah satu tanaman perdu yang memiliki tinggi sekitar 1 – 3 meter, dengan ranting pada ujung yang melekuk-lekuk dan memiliki duri. Berbeda dengan jenis jeruk pada umumnya, buah jeruk kingkit yang sudah matang akan berwarna merah memiliki ukuran kecil dengan diameter 1 – 1,5 cm. Morfologi tersebut menjadikan tanaman jeruk kingkit dapat dimanfaatkan sebagai tanaman hias ataupun dibuat bonsai. Tanaman ini juga dapat digunakan sebagai pagar hias yang indah.

    Bonsai jeruk kingkit koleksi Budi Sulistyo (Sumber gambar: Artofbonsai.org)

Keunikan tanaman jeruk kingkit berikutnya adalah sebagai apotik hidup yang dapat dijadikan obat herbal segar. Jarang diketahui bahwa buah jeruk kingkit mengandung berbagai macam kandungan senyawa yang bermanfaat seperti linalool, tripasol, methyl, umbeliferone, coumarins, 2 – 3 dhyroxybutyloxy. Senyawa tersebut dapat bermanfaat mengatasi berbagai macam penyakit diantaranya mengatasi batuk yang meradang, bersifat anti jamur, mengatasi masalah pencernaan, menyembuhkan diabetes melitus, mengatasi infeksi pada luka, serta menjaga dan merawat kekuatan kuku.

Buah jeruk kingkit juga dapat digunakan untuk membantu mengatasi pikiran yang tidak tenang sehingga menjadi rileks. Aroma yang dikeluarkan oleh daun, bunga seta buah jeruk kingkit ini sangat khas dan berbeda dari jeruk pada umumnya. (ray/khlorofil)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *