Solusi Liburan Mahasiswa Pertanian


Ilustrasi berkebun. Sumber gambar: instagram.com/organikuy

    Berkebun menjadi salah satu alternatif pilihan berlibur mahasiswa pertanian.

Momen liburan semester menjadi momen yang tepat untuk melepas penat. Namun, waktu libur yang panjang bila tak diiringi dengan melakukan beberapa aktivitas justru menimbulkan rasa bosan. Ada baiknya bila liburan diisi dengan kegiatan yang lebih berarti dan bermanfaat bagi diri sendiri dan orang sekitar. Langkah mudahnya, dapat dilakukan dengan memperkaya diri akan wawasan diluar bidang ilmu yang dipelajari. Cara lain yang dapat dilakukan dengan mengeksplor lebih jauh ilmu yang didapatkan selama masa kuliah dengan melakukan prakteknya pada masa liburan.

Bagi mahasiswa pertanian, menjalani masa perkuliahan disibukan dengan kegiatan belajar, praktikum, juga kegiatan kemahasiswaan lainnya. Namun agar ilmu yang didapatkan semasa perkuliahan bukan hanya sekedar teori, ada baiknya bila ilmu tersebut dipraktekkan seperti berkebun di halaman rumah, membuat pupuk, menghias tanaman dalam rumah ataupun mulai membuka bisnis kuliner dari hasil pertanian dimulai dengan skala kecil.

Kegiatan berkebun dapat menjadi salah satu alternatif pilihan berlibur. Meskipun isu mengenai keterbatasan lahan sudah menjadi bahan yang umum dibicarakan, hal tersebut dapat diakali dengan berkebun secara vertikal. Selain berkebun, kegiatan lain yang dapat dilakukan terkait pengamalan ilmu pertanian yakni membuat pupuk organik. Pembuatannyapun mudah dikarenakan alat dan bahan dapat ditemukan pada lingkungan sekitar seperti sampah daun ataupun sampah organik dari rumah tangga.

Pilihan berlibur secara produktif lainnya dengan melakukan penerapan pada perlakukan produk pasca panen yang kemudian dapat dipasarkan. Misalnya hasil dari kebun cabai yang ditanam dirumah dapat diolah menjadi sambal siap santap untuk kemudian dijual sesuai pesanan. Selain menghasilkan produk, hal ini dapat mengasah kemampuan seseorang dalam berwirausaha. Hal ini sekaligus dapat menjadi sumber penghasilan.

Banyak pilihan dalam mengisi waktu liburan secara lebih produktif. Tak ada waktu untuk berhenti berkarya. Mungkin waktu bisa berhenti, hari bisa beristirahat, mata bisa tertidur namun asa tak boleh mati, karya menanti. (ca/khlorofil)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *