Tabebuia, Mekarnya Sakura Ala Indonesia

    Suasana mekarnya bunga tabebuia di Kota Surabaya. Dok. Pemkot Surabaya di kutip dari Kompas.com
    Layaknya musim semi Sakura di Jepang, Tabebuia yang mekar menjadi bahan pembicaraan hangat oleh masyarakat sekitar. Pamor instagram yang semakin melejit menjadikan mekarnya Tabebuia menjadi salah satu objek foto yang instagramable dan sekaligus menjadikan topik tersebut meluas.

Dilansir dari kompas.com (28/11), Tabebuia tengah bermekaran di sejumlah jalan protokol di Surabaya. Bunga ini memang sengaja ditanam dan telah gencar diupayakan oleh pemerintah setempat sejak 10 tahun yang lalu sebagai perindang jalan. Tabebuia memiliki ragam warna mulai dari kuning, pink muda, ungu hingga putih.

Menurut salah satu jurnal yang terbit dalam Prosiding Seminar Nasional Masyarakat Biodiversity Indonesia, bunga tabebuia memiliki nama latin Tabebuia chrysantha yang merupakan pohon nasional negara Brazil. Bunga ini juga dikenal dengan sebutan Golden Trumpet Tree. Selain itu, tanaman ini juga sering disebut sebagai pengganti Sakura dari Jepang. Pohon Tabebuia dapat tumbuh hingga setinggi 25 meter. Karakteristik tanaman ini yakni, memiliki bunga yang bergerombol berbentuk terompet, buahnya berbentuk kapsul berbulu, serta bijinya pipih bersayap tipis.

Dikutip dari flamboyanasri.com, Tabebuia merupakan tanaman yang berasal dari iklim kering. Pohon ini dapat bertahan pada musim kemarau dengan jumlah kadar air yang sedikit. Daunnya juga tidak mudah rontok dan memiliki batang yang agak keras. Kelebihan tersebut membuat Tabebuia banyak digunakan sebagai tanaman pelindung

Tabebuia akan berbunga lebat pada musim kemarau atau saat curah hujan mulai berkurang. Pada musim berbunga, tanaman ini mampu berbunga secara terus menerus sejak hingga musim hujan. Saat ini, pembungaan Tabebuia dapat diatur dengan memanipulasi pola pemupukan.

Meskipun berakar tunggang, Tabebuia aman ditanam untuk konstruksi bangunan disekitarnya. Asal perlu diperhatikan untuk ketinggian pohon dengan rajin memangkasnya. Umumnya tinggi tanaman yang dapat dipertahankan sekitar empat hingga lima meter. Bibit yang dijual juga memiliki harga yang bervariasi. Untuk bibit siap tanam dengan ukuran 1-2 meter dapat diperoleh dengan harga 200.000 – 300.000 rupiah.

Ingin merasakan sensasi mekarnya “sakura” di rumah sendiri? Menanam pohon Tabebuia di halaman rumah dapat menjadi salah satu alternatif. Tabebuia akan menampilkan keelokannya pada musim kemarau.(wdy/khlorofil)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *