Kentalnya Budaya Bali di Desa Terbersih di Dunia


Suasana Desa Penglipuran. Doc.Pribadi

    Predikat Desa Terbersih yang diterima desa ini bukan satu-satunya nilai yang dimiliki. Kesadaran warga mempertahankan adat istiadat adalah yang membuat desa ini mendunia, kental dengan budaya Bali inilah Desa Penglipuran.

Desa Penglipuran merupakan salah satu desa yang terletak di Kabupaten Bangli, Provinsi Bali. Banyak keunikan yang akan ditemukan apabila berkunjung ke tempat ini. Salah satu keunikannya yaitu angkul-angkul (red: gerbang rumah khas bali) rumah penduduk semua sama. Tidak hanya angkul-angkul, tetapi posisi antara dapur dan bale (red: balai) tempat melakukan upacara adat memiliki aturan harus berdampingan.

Walaupun jaman beranjak modern tetapi masyarakat setempat tetap menjaga kelestarian adat dan patuh terhadap awig awig (aturan) yang telah ditetapkan secara turun temurun. Seperti halnya aturan dalam membangun rumah, penggunaan atap dengan menggunakan bambu masih dilakukan terutama untuk bangunan dapur, angkul-angkul, serta bale. Selain itu, setiap rumah warga di Desa Penglipuran memiliki pintu yang dapat menghubungkan dengan rumah disebelahnya dengan tujuan agar silaturahmi antar tetangga tetap terjalin.

Aturan di Desa Penglipuran juga mengatur mengenai hubungan dengan lawan jenis yakni lelaki yang berasal dari desa tersebut tidak boleh memiliki istri lebih dari satu, atau dilarang memadu. Apabila melanggar peraturan tersebut, maka pasangan tersebut akan diasingkan atau dikucilkan oleh warga desa.

Selain itu, Desa Penglipuran juga sangat menjaga kebersihan lingkungan dengan cara melarang warga desanya untuk membuang sampah sembarangan. Keuletan warga desa dengan menjaga kebersihan membuahkan hasil hingga meraih penghargaan sebagai Desa Terbersih. Dikutip dari salah satu media berita online jadiberita.com penghargaan ini diberian oleh Trip Advisor pada tahun 2016 kepada Desa Penglipuran dan dua Desa lainnya di Belanda dan India. Sebelumnya, pada tahun 1995 Desa Penglipuran juga menerima Kalpataru sebagai Desa Terbersih di Indonesia.

Nilai yang dapat di petik dari Desa Penglipuran adalah pelajaran bahwa memang jaman akan terus berubah tetapi menjaga keunikan atau kelestarian dari leluhur kita serta menjaga kebersihan lingkungan merupakan kewajiban.(feb/khlorofil)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *