Wonderful Agriculture dalam Agrifest 2018

Finalis Jegeg Bagus Fakultas Pertanian Universitas Udayana 2018 (foto by Widya)

Agriculture Festival atau yang sering disebut dengan Agrifest merupakan salah satu kegiatan dari program kerja Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Udayana. Bertema Wonderful Agriculture bertempat di Parkir Utara Lapangan Lumintang Denpasar. Hal tersebut disampaikan oleh Ni Nyoman Suindah selaku ketua Agrifest 2018 “Agrifest bisa dikatakan sebagai festifal di pertanian. Dimana Agriculture Festival merupakan salah satu program kerja Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian lebih tepatnya program kerja bidang tiga yaitu kreasi minat dan bakat yang telah dipersiapkan selama 5 bulan dari November 2017,” ungkapnya saat ditemui pada Minggu (11/03).

“Agrifest diadakan selama tiga hari yaitu dari tanggal 9 sampai 11 maret 2018. Dimana setiap harinya itu ada beberapa rangkaian diantaranya hari pertama ada talkshow dan lomba lelakut (Red : orang-orangan sawah) dan di malam harinya ada hiburan dari Nanoe Biroe dan Dewa Sugama. Hari kedua ada green school untuk anak – anak SD di pagi hari, sore harinya ada 2 lomba yaitu pertama ada lomba merangkai bunga dan lomba menggambar dan mewarnai kemudian di malam hari ada pemilihan Jegeg Bagus Fakultas Pertanian 2018. Hari ketiga diadakan green school untuk mahasiswa baru Fakultas Pertanian, dan di sore hari diadakan lomba makan buah untuk masyarakat umum. Konsep tahun ini tidak jauh beda dengan konsep tahun lalu yaitu masih merupakan gabungan dari 3 kegiatan, yakni Udayana Agriculture Expo, Agriculture Music dan Seminar Nasional dan Program Pelatihan Manajemen Wirausaha (PPMW) cuma beberapa rangkaian kegiatannya kita kreasikan lagi yang tahun lalu kemungkinan tidak bisa dilaksanakan tahun ini dan kita ubah menjadi yang baru. Beberapa kegiatan yang ada seperti lomba lelakut kemudian lomba makan buah, lomba merangkai bunga itu tidak adak tahun lalu jadi kita adakan tahun ini, sehingga konsep tahun ini lebih mengarah kepertaniannya,” tambah Suindah begitu ia akrab di panggil.

Terdapat beberapa keunikan dari Agrifest 2018, dimana acara green school untuk mahasiswa baru di Fakultas Pertanian yang biasanya dilaksanakan seiring dengan penerimaan mahasiswa baru atau bisa dikatakan sebagai rangkaian dari Student Day Fakultas Pertanian, kini dilaksanakan dan dijadikan sebagai rangkaian acara dari Agrifest 2018. “Karena green school saya kira kegiatannya hampir mirip dengan salah satu kegiatan di Agrifest, kenapa tidak kita gabungin jadi satu dengan suasana yang baru. Karena biasanya mahasiswa pasti dalam seminar bakalan agak bosan jadi kita coba konsepkan dengan mereka berada di luar ruangan dengan suasana yang berbeda,” ujar mahasiswi Agribisnis 2015 tersebut.

Tidak hanya green school, terdapat pula acara bergengsi yang menjadi rangkaian dalam Agrifest 2018, yaitu pemilihan Jegeg Bagus Fakultas Pertanian 2018. Awalnya pemilihan Jegeg Bagus di tahun sebelumnya lebih bersifat intern dan diadakan di gedung tertutup dan bersifat pribadi, kini pemilihan Jegeg Bagus Fakultas Pertanian 2018 diadakan secara terbuka di muka umum. “Sebenarnya untuk pemilihan jegeg bagus sudah mulai terbuka dari tahun lalu, tapi karena masih baru tahun lalu kita kenalkan jadi memang terlihat lebih tertutup dan kita milihnya bertepatan dengan dies natalis. Untuk mengantisipasi itu jadi kita buat lebih awal, kebetulan kita juga ada Agrifest jadi kenapa tidak kita bikin yang lebih terbuka, sehingga bisa dinikmati oleh semua civitas akademika FP. Rangkaiannya juga sudah kita mulai dari 1 setengah bulan yang lalu. Sekalian menguji mental Jegeg Bagus Fakultas Pertanian, pada saat di tingkat universitas, mereka bakalan berhadapan dan ketemu dengan peserta dari ke 13 fakultas di Universitas Udayana kenapa kita harus takut bicara dan tampil didepan umum, jadi dari awal kita sudah gojlok mereka untuk tampil di depan umum. Dan biar tidak tergesa-gesa untuk dies natalis,” tutup Suindah. (Khlo/Rhy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *