FOCUS DISCUSSION GROUP (FGD) SEBAGAI AWAL DARI PENUTUPAN AGRICAMP 2018

Focus Group Discussion (FGD) sebagai rangkaian penutupan Agricamp 2018 yang diikuti oleh peserta Agricamp 2018 pada Minggu (7/01) bertempat di Wantilan Agro Puncak Bukit Catu. (foto by Rahayu)

Agricamp merupakan salah satu rangkaian acara penerimaan mahasiswa baru yang menitik beratkan pada kegiatan pengabdian masyarakat khususnya dibidang pertanian. Telah berlangsung 5 sd 7 Januari 2018 lalu bertempat di Agro Puncak Bukit Catu Desa Candi Kuning Baturiti Tabanan.

Banyak hal yang berbeda dijumpai dalam Agricamp 2018 kali ini, dengan konsep yang berbeda dengan Agricamp 2017. “Perbedaan konsep tersebut dikarenakan Agricamp 2018 memiliki kesamaan lokasi dengan Agricamp 2017, sehingga perlu adanya konsep yang baru agar tidak membosankan dimata masyarakat sekitar”, tutur ketua panitia saat di temui redaksi disela kegiatan berlangsung

“Mungkin banyak yang bertanya – tanya mengapa sih Agricamp tahun 2018 banyak spot – spotnya dan banyak banget yang diubah – ubah. Dekorasinya pun juga banyak, ya karena disini Agricamp benar – benar mengalami kendala yang namanya tempat, makanya yang biasanya dari tahun ke tahun tempatnya berbeda sekarang tempatnya sama. Agar tidak benar – benar sama, maksudnya sudah sama tempat kegiatannya sama jadi kita harus dimodifikasi (Red)”, ujar Ni Made Ayu Krisnawati selaku ketua panitia Agricamp 2018, saat ditemui Minggu (7/01) bertempat di Aula Agro Puncak Bukit Catu.
Diawali dengan pembukaan acara pada tanggal 5 Januari 2018, yang ditandai dengan penanaman pohon dan pemakaian name tag peserta Agricamp 2018. Kegiatan Agricamp 2018 berlangsung selama tiga hari dimana setiap harinya terdapat kegiatan yang menjadi point penting dalam kegiatan satu hari tersebut. Kegiatan yang menjadi point utama pada hari pertama yaitu pembukaan Agricamp 2018 dan pengamatan potensi pertanian di sekitar Agro Puncak Bukit Catu. Pada hari kedua dilakukan pengabdian masyarakat yang menjadi point utama dari kegiatan pada hari tersebut. Dihari ketiga merupakan penutupan dari Agricamp.

Hal yang menarik dari penutupan Agricamp 2018 diawali dengan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) yang dilanjutkan dengan sosialisasi mengenai kegiatan Fakultas Pertanian kedepannya, pengenalan panitia, kemudian penutupan Agricamp 2018 dengan pelepasan name tag peserta. Terdapat perbedaan konsep penutupan Agricamp 2018 dibandingkan dengan Agricamp 2017 yaitu diselenggarakannya FGD sebagai awal dari acara penutupan Agricamp 2018. “Sekarang (07/1-Red) sedang diadakan FGD untuk mereka menyampaikan kesan dan pesan serta menyampaikan keluh kesah selama mengikuti Agricamp lalu nanti ada kuisioner disana mereka isi, ini kuisionernya guna untuk evaluasi lagi ditahun depan”, papar Ni Kadek Ririn selaku koordinator sie acara Agricamp 2018.

Hal yang sama disampaikan oleh ketua panitia Agricamp 2018 “Karena hari kedua memang padat sudah jadwalnya jadi hari terakhir itu kita fokuskan untuk mengevaluasi diri, maka adanya Focus Group Discussion oleh fasil. Selain itu ada juga kuisioner dari BPM sebagai badan pengawas di fakultas pertanian dan ada juga dari BEM. Melalui FGD, disanalah waktunya kita untuk mengoreksi apa sih yang kurang yang bisa diperbaiki di tahun selanjutnya”, ujarnya. (Rahayu/Khlo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *